,

8 Ayat Alkitab Tentang Pembalasan

26 Jan 2021, 19:55 WIB Last Updated 2021-07-21T08:53:16Z

Ketika seseorang menyakiti kita, kita menginginkan pembalasan - balas dendam. Keinginan untuk membalas dendam berasal dari kemarahan terhadap ketidakadilan. Setiap dosa pantas dihukum, tetapi balas dendam tidak selalu membawa hukuman yang adil. Pria, dalam kemarahan mereka, sering membalas dendam dengan melakukan jauh lebih buruk daripada pelanggaran aslinya.

Hanya Tuhan yang benar-benar adil. Dia tahu apa yang pantas untuk setiap orang dan hanya dia yang bisa membalas dendam yang adil. Tuhan memberikan hukuman yang tepat pada waktu yang tepat. Tapi dia juga penyayang. Tuhan mengampuni mereka yang bertobat dan menerima Yesus sebagai penyelamat mereka, menyelamatkan mereka dari hukuman kekal.

Kita harus menyerahkan pembalasan di tangan Tuhan. Kita perlu belajar untuk memaafkan dan membalas kebaikan dengan kejahatan. Berbuat baik dan membawa kehidupan kepada Yesus adalah balas dendam yang membawa kepuasan sejati.


Amsal 20:22
Janganlah engkau berkata: ”Aku akan membalas kejahatan,” nantikanlah Tuhan, Ia akan menyelamatkan engkau.


Ibrani 10 : 30-31
Sebab kita mengenal Dia yang berkata: ”Pembalasan adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan.” Dan lagi: ”Tuhan akan menghakimi umat-Nya.” Ngeri benar, kalau jatuh ke dalam tangan Allah yang hidup.


Imamat 19:18
Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri; Akulah Tuhan.


Matius 5:44
Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.


Matius 21:42
Kata Yesus kepada mereka: ”Belum pernahkah kamu baca dalam Kitab Suci: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru: hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita.


Mazmur 94 : 8-10
Perhatikanlah, hai orang-orang bodoh di antara rakyat! Hai orang-orang bebal, bilakah kamu memakai akal budimu? Dia yang menanamkan telinga, masakan tidak mendengar? Dia yang membentuk mata, masakan tidak memandang? Dia yang menghajar bangsa-bangsa, masakan tidak akan menghukum? Dia yang mengajarkan pengetahuan kepada manusia?


Roma 12 : 19-21
Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan. Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya. Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!


Yesaya 35 : 3-4
Kuatkanlah tangan yang lemah lesu dan teguhkanlah lutut yang goyah. Katakanlah kepada orang-orang yang tawar hati: ”Kuatkanlah hati, janganlah takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!”