,

5 Ayat-ayat Alkitab Yang Berbicara Tentang Perjamuan Kudus

9 Feb 2021, 12:37 WIB Last Updated 2021-07-21T04:22:51Z


Perjamuan Tuhan dilembagakan oleh Yesus untuk mengingat pengorbanan-Nya di kayu salib. Roti melambangkan tubuh-Nya, yang menderita banyak rasa sakit, dan anggur darah-Nya, yang semuanya dicurahkan bagi kita di kayu salib.

Yesus mati untuk membebaskan kita dari hukum dosa dan memberi kita hidup baru. Ketika seseorang menerima Yesus sebagai penyelamat mereka, orang itu secara simbolis mati bersama Yesus di kayu salib dan bangkit bersama Yesus menuju kehidupan yang bebas dari dosa.

Ketika kita makan Perjamuan Tuhan, kita ingat bahwa Yesus hidup di dalam kita. Yesus mati untuk memberi kita kehidupan persatuan dengan Allah. Karena kematian Yesus, kita mati terhadap dosa, yang tidak lagi memiliki hak untuk mengendalikan kita.


Kisah Para Rasul 20:7
Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam.


Lukas 22 : 19-20
Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: ”Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku.” Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: ”Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu.


Lukas 24:30
Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka.


Markus 14 : 22-25
Dan ketika Yesus dan murid-murid-Nya sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: ”Ambillah, inilah tubuh-Ku.” Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka, dan mereka semuanya minum dari cawan itu. Dan Ia berkata kepada mereka: ”Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, dalam Kerajaan Allah.”


Yohanes 6:51
Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.”