,

8 Ayat Alkitab Tentang Tabut Perjanjian

Jimmy Core Voes
20 Apr 2021, 09:51 WIB Last Updated 2021-07-18T07:08:38Z

Tabut Perjanjian adalah sebuah kotak besar yang dilapisi dengan emas di mana loh-loh Hukum Allah disimpan. Tabut itu suci karena melambangkan kehadiran Allah di Israel. Tuhan menggunakan Tabut untuk memberkati Israel.

Tabut itu ada di tabernakel dan kemudian di bait suci. Ketika orang-orang Israel pergi berperang, mereka membawa Tabut Perjanjian sebagai simbol bahwa Tuhan pergi bersama mereka. Tabut adalah tkamu yang terlihat bahwa Tuhan melindungi Israel.

Tidak ada yang tahu persis kapan Tabut Perjanjian itu hilang. Tapi sekarang kita tidak membutuhkan Tabut, karena Tuhan menciptakan Perjanjian baru. Sekarang Tuhan pergi bersama kita di dalam hati kita.


1 samuel 7: 1-2 
Lalu orang-orang Kiryat-Yearim datang, mereka mengangkut tabut f TUHAN itu dan membawanya ke dalam rumah Abinadab g yang di atas bukit. Dan Eleazar, anaknya, mereka kuduskan untuk menjaga tabut TUHAN itu. Sejak saat tabut itu tinggal di Kiryat-Yearim h berlalulah waktu yang cukup lama, yakni dua puluh tahun, dan seluruh kaum Israel mengeluh kepada TUHAN.


Bilangan 7:89 
Apabila Musa masuk ke dalam Kemah Pertemuan untuk berbicara dengan Dia, maka ia mendengar suara yang berfirman kepadanya dari atas tutup pendamaian, yang di atas tabut hukum Allah, dari antara kedua kerub itu; demikianlah Ia berfirman kepadanya.


Keluaran 25:22 
Dan di sanalah Aku akan bertemu dengan engkau dan dari atas tutup pendamaian itu, dari antara kedua kerub yang di atas tabut hukum itu, Aku akan berbicara dengan engkau tentang segala sesuatu yang akan Kuperintahkan kepadamu untuk disampaikan kepada orang Israel.”


Keluaran 37:1 
Bezaleel membuat tabut itu dari kayu penaga, dua setengah hasta panjangnya, satu setengah hasta lebarnya, dan satu setengah hasta tingginya.


Keluaran 40: 1-3 
Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: ”Pada hari yang pertama dari bulan yang pertama haruslah engkau mendirikan Kemah Suci, yakni Kemah Pertemuan itu. Kautempatkanlah di dalamnya tabut hukum dan kaupasanglah tabir sebagai penudung di depan tabut itu.


Keluaran 40: 20-21 
Diambilnyalah loh hukum Allah dan ditaruhnya ke dalam tabut, dikenakannyalah kayu pengusung pada tabut itu dan diletakkannya tutup pendamaian di atas tabut itu.Dibawanyalah tabut itu ke dalam Kemah Suci, digantungkannyalah tabir penudung dan dipasangnya sebagai penudung di depan tabut hukum Allah – seperti yang diperintahkan Tuhan kepada Musa.


Wahyu 11:19 
Maka terbukalah Bait Suci Allah yang di sorga, dan kelihatanlah tabut perjanjian-Nya di dalam Bait Suci itu dan terjadilah kilat dan deru guruh dan gempa bumi dan hujan es lebat.


Yosua 4:18 
Ketika para imam, pengangkat tabut perjanjian Tuhan itu, keluar dari tengah-tengah sungai Yordan, dan baru saja kaki para imam itu dijejakkan di tanah yang kering, maka berbaliklah air sungai Yordan itu ke tempatnya dan mengalir seperti dahulu dengan meluap sepanjang tepinya.