,

20 Ayat Tentang Daud dalam Alkitab

Jimmy Core Voes
23 Mei 2021, 00:00 WIB Last Updated 2021-07-18T03:37:45Z

Daud adalah salah satu karakter utama dari Kitab Suci, diakui sebagai raja Israel terbesar, digambarkan dalam Alkitab memiliki banyak karunia, seperti musik, puisi dan juga pencipta mazmur pertobatan yang disebutkan dalam Kitab Suci. Menurut teks Alkitab, dia diurapi oleh nabi Samuel di depan saudara-saudaranya, dan sejak hari itu, Roh Tuhan turun ke atas Daud.

Menurut Alkitab, Daud merawat domba ayahnya, dan kemudian dia bekerja untuk Saul, dan dia sangat menyayangi Daud. Dengan kecapinya, Daud selalu bermain untuk Saul, setiap kali roh yang dikirim oleh Tuhan menguasainya, bagaimanapun, Daud bermain dan Saul menjadi tenang.


1 Samuel 16:13 
Samuel mengambil tabung tanduk yang berisi minyak itu dan mengurapi Daud di tengah-tengah saudara-saudaranya. Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah Roh Tuhan atas Daud. Lalu berangkatlah Samuel menuju Rama.


1 Samuel 16:21 
Demikianlah Daud sampai kepada Saul dan menjadi pelayannya. Saul sangat mengasihinya, dan ia menjadi pembawa senjatanya.


1 Samuel 16:23 
Dan setiap kali apabila roh yang dari pada Allah itu hinggap pada Saul, maka Daud mengambil kecapi dan memainkannya; Saul merasa lega dan nyaman, dan roh yang jahat itu undur dari padanya.


1 Samuel 17:26 
Lalu berkatalah Daud kepada orang-orang yang berdiri di dekatnya: ”Apakah yang akan dilakukan kepada orang yang mengalahkan orang Filistin itu dan yang menghindarkan cemooh dari Israel? Siapakah orang Filistin yang tak bersunat ini, sampai ia berani mencemoohkan barisan dari pada Allah yang hidup?”


1 Samuel 17:32 
Berkatalah Daud kepada Saul: ”Janganlah seseorang menjadi tawar hati karena dia; hambamu ini akan pergi melawan orang Filistin itu.”


1 Samuel 17:34 
Tetapi Daud berkata kepada Saul: ”Hambamu ini biasa menggembalakan kambing domba ayahnya. Apabila datang singa atau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya,


1 Samuel 17:37 
Pula kata Daud: ”Tuhan yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu.” Kata Saul kepada Daud: ”Pergilah! Tuhan menyertai engkau.”


1 Samuel 17:41 
Orang Filistin itu kian dekat menghampiri Daud dan di depannya orang yang membawa perisainya.


1 Samuel 17:43 
Orang Filistin itu berkata kepada Daud: ”Anjingkah aku, maka engkau mendatangi aku dengan tongkat?” Lalu demi para allahnya orang Filistin itu mengutuki Daud.


1 Samuel 17:45 
Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: ”Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama Tuhan semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.


1 Samuel 17:48 
Ketika orang Filistin itu bergerak maju untuk menemui Daud, maka segeralah Daud berlari ke barisan musuh untuk menemui orang Filistin itu;


1 Samuel 17:50 
Demikianlah Daud mengalahkan orang Filistin itu dengan umban dan batu; ia mengalahkan orang Filistin itu dan membunuhnya, tanpa pedang di tangan.


1 Samuel 17:51 
Daud berlari mendapatkan orang Filistin itu, lalu berdiri di sebelahnya; diambilnyalah pedangnya, dihunusnya dari sarungnya, lalu menghabisi dia. Dipancungnyalah kepalanya dengan pedang itu. Ketika orang-orang Filistin melihat, bahwa pahlawan mereka telah mati, maka larilah mereka.


1 Samuel 18:2 
Pada hari itu Saul membawa dia dan tidak membiarkannya pulang ke rumah ayahnya.


1 Samuel 18:3 
Yonatan mengikat perjanjian dengan Daud, karena ia mengasihi dia seperti dirinya sendiri.


1 Samuel 18:7 
dan perempuan yang menari-nari itu menyanyi berbalas-balasan, katanya: ”Saul mengalahkan beribu-ribu musuh, tetapi Daud berlaksa-laksa.”


1 Samuel 18:8 
Lalu bangkitlah amarah Saul dengan sangat; dan perkataan itu menyebalkan hatinya, sebab pikirnya: ”Kepada Daud diperhitungkan mereka berlaksa-laksa, tetapi kepadaku diperhitungkannya beribu-ribu; akhir-akhirnya jabatan raja itu pun jatuh kepadanya.”


1 Samuel 18:12 
Saul menjadi takut kepada Daud, karena Tuhan menyertai Daud, sedang dari pada Saul Ia telah undur.


1 Samuel 18:13 
Sebab itu Saul menjauhkan Daud dari dekatnya dan mengangkat dia menjadi kepala pasukan seribu, sehingga ia berada di depan dalam segala gerakan tentara.


1 Samuel 18:16 
tetapi seluruh orang Israel dan orang Yehuda mengasihi Daud, karena ia memimpin segala gerakan mereka.