,

18 Ayat Tentang Simson dalam Alkitab

Jimmy Core Voes
22 Mei 2021, 00:00 WIB Last Updated 2021-07-18T03:45:23Z

Simson adalah orang hebat dengan kekuatan super yang diberikan kepadanya oleh Roh Kudus Tuhan selama dia tetap taat kepada Tuhan. Juga menurut Alkitab, kekuatan Simson ada di rambutnya, dan dia tidak bisa memotongnya sama sekali, karena jika dia memotongnya, dia akan kehilangan kekuatannya yang besar, yang dianggap sebagai hadiah dari Tuhan.

Alkitab juga mengatakan bahwa Simson bertemu dengan seorang wanita bernama Delilah, orang yang sama yang dia cintai, dan yang juga dikhianati. Delilah adalah seorang wanita dari bangsa Filistin, dia bertanggung jawab untuk merayu Simson dan memotong rambutnya, mengirimkannya ke kepala bangsanya, setelah mengetahui tentang rambutnya, yang merupakan sumber kekuatan supernya. Ketika dibawa oleh orang Filistin, Simson diperlakukan dengan buruk, kedua matanya ditindik dan menjadi buta, menghabiskan banyak waktu menjadi budak orang Filistin. Namun, lelah dengan orang Filistin, Simson berdoa kepada Tuhan, meminta dan memohon untuk memberikan kembali kekuatannya, untuk membalas dendam pada orang Filistin untuk dua mata yang ditindik.


Hakim-Hakim 16:6 
Lalu berkatalah Delila kepada Simson: ”Ceritakanlah kiranya kepadaku, karena apakah kekuatanmu demikian besar, dan dengan apakah engkau harus diikat untuk ditundukkan?”


Hakim-Hakim 16:7 
Jawab Simson kepadanya: ”Jika aku diikat dengan tujuh tali busur yang baru, yang belum kering, maka aku akan menjadi lemah dan menjadi seperti orang lain mana pun juga.”


Hakim-Hakim 16:9 
sedang di kamarnya ada orang bersiap-siap. Kemudian berserulah perempuan itu kepadanya: ”Orang-orang Filistin menyergap engkau, Simson!” Tetapi ia memutuskan tali-tali busur itu seperti tali rami yang terbakar putus, apabila kena api. Dan tidaklah ketahuan di mana duduk kekuatannya itu.


Hakim-Hakim 16:10 
Kemudian berkatalah Delila kepada Simson: ”Sesungguhnya engkau telah mempermain-mainkan dan membohongi aku. Sekarang ceritakanlah kiranya kepadaku dengan apa engkau dapat diikat.”


Hakim-Hakim 16:12 
Kemudian Delila mengambil tali baru, diikatnyalah dia dengan tali-tali itu dan berseru kepadanya: ”Orang-orang Filistin menyergap engkau, Simson!” – di kamar ada orang bersiap-siap – tetapi tali-tali itu diputuskannya tanggal dari tangannya seperti benang saja.


Hakim-Hakim 16:13 
Berkatalah Delila kepada Simson: ”Sampai sekarang engkau telah mempermain-mainkan dan membohongi aku. Ceritakanlah kepadaku dengan apakah engkau dapat diikat.” Jawabnya kepadanya: ”Kalau engkau menenun ketujuh rambut jalinku bersama-sama dengan lungsin lalu mengokohkannya dengan patok, maka aku akan menjadi lemah dan menjadi seperti orang lain mana pun juga.”


Hakim-Hakim 16:14 
Kemudian perempuan itu mengokohkan lagi tenunan itu dengan patok, lalu berserulah ia kepadanya: ”Orang-orang Filistin menyergap engkau, Simson.” Tetapi ketika ia terjaga dari tidurnya, disentaknya lepas patok tenunan dan lungsin itu.


Hakim-Hakim 16:18 
Ketika dilihat Delila, bahwa segala isi hatinya telah diceritakannya kepadanya, disuruhnyalah memanggil raja-raja kota orang Filistin, katanya: ”Sekali ini lagi datanglah ke mari, sebab ia telah menceritakan segala isi hatinya kepadaku.” Lalu datanglah raja-raja kota orang Filistin itu kepadanya sambil membawa uang itu.


Hakim-Hakim 16:20 
Lalu berserulah perempuan itu: ”Orang Filistin menyergap engkau, Simson!” Maka terjagalah ia dari tidurnya serta katanya: ”Seperti yang sudah-sudah, aku akan bebas dan akan meronta lepas.” Tetapi tidaklah diketahuinya, bahwa Tuhan telah meninggalkan dia.


Hakim-Hakim 16:23 
Sesudah itu berkumpullah raja-raja kota orang Filistin untuk mengadakan perayaan korban sembelihan yang besar kepada Dagon, allah mereka, dan untuk bersukaria; kata mereka: ”Telah diserahkan oleh allah kita ke dalam tangan kita Simson, musuh kita.”


Hakim-Hakim 16:25 
Ketika hati mereka riang gembira, berkatalah mereka: ”Panggillah Simson untuk melawak bagi kita.” Simson dipanggil dari penjara, lalu ia melawak di depan mereka, kemudian mereka menyuruh dia berdiri di antara tiang-tiang.


Hakim-Hakim 16:26 
Berkatalah Simson kepada anak yang menuntun dia: ”Lepaskan aku dan biarkanlah aku meraba-raba tiang-tiang penyangga rumah ini, supaya aku dapat bersandar padanya.”


Hakim-Hakim 16:27 
Adapun gedung itu penuh dengan laki-laki dan perempuan; segala raja kota orang Filistin ada di sana, dan di atas sotoh ada kira-kira tiga ribu orang laki-laki dan perempuan, yang menonton lawak Simson itu.


Hakim-Hakim 16:28 
Berserulah Simson kepada Tuhan, katanya: ”Ya Tuhan Allah, ingatlah kiranya kepadaku dan buatlah aku kuat, sekali ini saja, ya Allah, supaya dengan satu pembalasan juga kubalaskan kedua mataku itu kepada orang Filistin.”


Hakim-Hakim 16:29 
Kemudian Simson merangkul kedua tiang yang paling tengah, penyangga rumah itu, lalu bertopang kepada tiang yang satu dengan tangan kanannya dan kepada tiang yang lain dengan tangan kirinya.


Hakim-Hakim 16:31 
Sesudah itu datanglah ke sana saudara-saudaranya dan seluruh keluarganya, mereka mengangkat dia dan membawanya dari sana, lalu menguburkannya di antara Zora dan Esytaol di dalam kubur Manoah, ayahnya. Dia memerintah sebagai hakim atas orang Israel dua puluh tahun lamanya.


Ibrani 11:32 
Dan apakah lagi yang harus aku sebut? Sebab aku akan kekurangan waktu, apabila aku hendak menceriterakan tentang Gideon, Barak, Simson, Yefta, Daud dan Samuel dan para nabi,


Hakim-Hakim 16:30 
Berkatalah Simson: ”Biarlah kiranya aku mati bersama-sama orang Filistin ini.” Lalu membungkuklah ia sekuat-kuatnya, maka rubuhlah rumah itu menimpa raja-raja kota itu dan seluruh orang banyak yang ada di dalamnya. Yang mati dibunuhnya pada waktu matinya itu lebih banyak dari pada yang dibunuhnya pada waktu hidupnya.