Renungan Harian - Keajaiban Kasih -->
Cari Berita

Advertisement

Renungan Harian - Keajaiban Kasih

Asaria Yerihana
Rabu, 05 Mei 2021


Komitmen, Tekun MEMBACA, MENELITI,  MENGAJARKAN FIRMAN TUHAN SERTA MELAKUKANNYA SETIAP HARI


RENUNGAN HARIAN

NAS  FIRMAN TUHAN

Hosea 11:1-11


"KEAJAIBAN  KASIH"


Masakan Aku membiarkan engkau hai Efraim, menyerahkan engkau hai Israel? Masakan Aku membiarkan engkau seperti Adma, membuat engkau seperti Zeboun? Hati-Ku BERBALIK DALAM DIRIKU, BELAS KASIHANKU BANGKIT SERENTAK (Hosea 11:8)


Seorang hamba TUHAN mensharingkan pengalamannya dalam menggembalakan umat yang TUHAN percayakan untuk digembalakan, ia bercerita bahwa banyak jemaat yg selalu setia mendukung pelayanannya tetapi ada juga jemaat yang dengan perkataan dan tingkah lakunya menjadi pergumulan yg berat, terkadang ada muncul emosi serta ada godaan untuk TIDAK LAGI PEDULI kepada mereka namun  semakin ia emosi dan tidak peduli dengan jemaat yang sering menimbulkan pergumulan maka ia semakin tidak damai sejahtera, maka akhirnya dengan pertolongan   TUHAN, ia  memutuskan untuk TETAP MENGASIHI SELURUH JEMAAT termasuk jemaat yang kerapkali  membuat pergumulan dan ketika KASIH itu ia diterapkan bagi seluruh jemaat maka ADA HUBUNGAN YANG INDAH dan DAMAI SEJAHTERA yg terjalin dalam persekutuan umat TUHAN. Mari kita kembali belajar firman TUHAN, agar orang percaya mengalami KEDASHYATAN KASIH TUHAN.


Dalam pergumulan pelayanan Hosea yang cukup berat yaitu menyampaikan firman TUHAN dengan cara MENJADIKAN KEHIDUPAN KELUARGA nya sendiri untuk menjadi contoh YANG TIDAK BAIK yaitu menikahi perempuan sundal yaitu Gomer  yang pada akhirnya MENIMBULKAN BANYAK PERSOALAN YANG BERAT. serta MENDATANGKAN HUKUMAN TUHAN. 


Demikianlah Hosea menggambarkan ketidak setiaan bangsa Israel melalui kehidupan rumah tangganya dan ketidaksetiaan itu menimbulkan hukuman TUHAN namun  hukuman yang TUHAN nyatakan kepada bangsa Israel yang degil tidak membuat mereka jera dan bertobat. 


Dengan rendah hati TUHAN melihat bahwa HANYA DENĢAN KASIH YANG TERUS MENERUS DNYATAKAN KEPADA  BANGSA ISRAEL YANG DAPAT MENGUBAH KEDEGILAN ORANG ISRAEL. Maka TUHAN pun menyatakan kasihNya melalui contoh keluarga Hosea bahwa hanya dengan kasih Hosea yang terus menerus diterapkan maka keluarga secara khusus Gomer diubahkan.


Saudaraku, kedashyatan kasih TUHAN itulah yang telah mengubah hati bangsa Isral menjadi CONTOH dan TELADAN BAGI ORANG PERCAYA bahwa HANYA KASIH LAH yang dapat memperbaharui diri sendiri dan orang lain.  Emosi dan kekerasan apalagi kebencian tidak dapat memperbaharui diri sendiri apalagi orang lain. 


Mungkin pada saat ini engkau rindu untuk berubah supaya semakin lebih baik maka ingatlah hanya dengan mengandalkan KASIH  TUHAN maka itu akan terwujud atau saat ini engkau rindu ada perubahaan bagi orang yang ada disekitarmu maka hanya KASIH TUHANl yang dapat mewujudkannya, itulah sebabnya TUHAN YESUS TELAH MEMBERIKAN TELADAN MAU MATI DIKAYU SALIB UNTUK MENYELAMATKAN/MEMPERBAHARUI UMAT MANUSIA  Paulus juga sangat menekankan pentingnya kasih (1 Korintus 13), kasih itu sabar, murah hatu.....ia tidak menyimpan kesalahan orang lain dst. 


Oleh sebab itu saudara, tetaplah hidup dalam kasih maka engkau akan mengalami kedashyatannya, di mana engkau akan dikuatkan TUHAN dan engkau akan melihat bagaimana TUHAN mengubah orang-orang disekelilingmu.


YA TUHAN, BUANGLAH SEGALA KEBENCIAN, DENDAM DARI HIDUP KAMI DAN TARUHKANLAH KASIHMU KE DALAM JIWA KAMI. AMIN


Narasumber: Pdt. Marbangun Julifert Sinaga