10 Ayat Alkitab Tentang Abraham Dalam Julukannya di Alkitab


Ada begitu banyak tokoh yang diceritakan di dalam Alkitab. Setiap tokoh memiliki kisahnya sendiri. Namun, apapun kisahnya, selalu ada hal yang dapat kita pelajari. Misalnya kita dapat belajar dari kehidupan Yusuf dalam Alkitab. Salah satu contoh tokoh Alkitab yang berkesan adalah Abraham. Kita mengenal Abraham sebagai bapa orang beriman. Sebutan itu tidak asal begitu saja dibentuk. Ada kisah, pengalaman yang dilalui oleh Abraham sehingga ia akhirnya mendapatkan julukan tersebut. Kisah ini diceritakan dalam berbagai ayat Alkitab tentang Abraham.
 

Kejadian 16:15 
Lalu Hagar melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abram dan Abram menamai anak yang dilahirkan Hagar itu Ismael.
 

Kejadian 17:5 
Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.
 

Kejadian 18:24 
Bagaimana sekiranya ada lima puluh orang benar dalam kota itu? Apakah Engkau akan melenyapkan tempat itu dan tidakkah Engkau mengampuninya karena kelima puluh orang benar yang ada di dalamnya itu?
 

Kejadian 21:2 
Maka mengandunglah Sara, lalu ia melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abraham dalam masa tuanya, pada waktu yang telah ditetapkan, sesuai dengan firman Allah kepadanya.
 

Kejadian 22:9-10 
Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api. Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya.
 

Kejadian 12:1 
Berfirmanlah Tuhan kepada Abram: ”Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu;
 

Kejadian 12:13 
Katakanlah, bahwa engkau adikku, supaya aku diperlakukan mereka dengan baik karena engkau, dan aku dibiarkan hidup oleh sebab engkau.”
 

Kejadian 13:8-9 
Maka berkatalah Abram kepada Lot: ”Janganlah kiranya ada perkelahian antara aku dan engkau, dan antara para gembalaku dan para gembalamu, sebab kita ini kerabat. Bukankah seluruh negeri ini terbuka untuk engkau? Baiklah pisahkan dirimu dari padaku; jika engkau ke kiri, maka aku ke kanan, jika engkau ke kanan, maka aku ke kiri.”
 

Kejadian 14:14 
Ketika Abram mendengar, bahwa anak saudaranya tertawan, maka dikerahkannyalah orang-orangnya yang terlatih, yakni mereka yang lahir di rumahnya, tiga ratus delapan belas orang banyaknya, lalu mengejar musuh sampai ke Dan.
 

Kejadian 15:5 
Lalu Tuhan membawa Abram ke luar serta berfirman: ”Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya.” Maka firman-Nya kepadanya: ”Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.”

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Facebook