8 Ayat Alkitab Tentang Katekisasi yang Perlu Dipahami Umat Kristiani


Pembaptisan merupakan sakramen penting yang perlu dilalui setiap umat Kristen. Seseorang yang telah dibaptis berarti dosanya telah dibersihkan dan dia telah lahir kembali. Mereka juga sudah siap untuk mengetahui cara memberitakan injil yang didukung oleh ayat Alkitab tentang pemberitaan Injil.Akan tetapi seorang individu tidak bisa begitu saja dibaptis. Dia perlu melalui suatu proses yang dinamakan katekisasi. Proses katekisasi banyak disinggung di dalam Alkitab, seperti halnya ayat Alkitab tentang multikulturalisme, ayat Alkitab tentang kepura-puraan, ayat Alkitab tentang bersumpah, dsb. Lalu apa itu katekisasi dan apa saja ayat Alkitab tentang katekisasi? Berikut adalah penjelasannya. Pengertian Katekisasi
 
Masa sebelum seorang umat Kristiani menerima baptisan dinamakan katekisasi. Pada masa ini, orang itu akan mendapat bimbingan-bimbingan yang mendasar mengenai Kekristenan oleh pemimpin agamanya, bisa pendeta ataupun pastor.Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, katekisasi berarti “pemberian pelajaran dalam ilmu agama Kristen”. Sedangkan kata katekisasi sendiri berasal dari bahasa Yunani Κατεχειν (katekhein) yang artinya memberitakan, memberitahukan, mengajar dan memberi pengajaran. Pengajaran dalam katekisasi tidak berfokus kepada intelektualitas, tetapi lebih kepada arti praktis, seperti mengajar atau membimbing seseorang, agar ia mau melakukan apa yang diajarkan. Katekisasi biasanya memiliki kurikulum seperti pada gereja GPIB melalui ketetapan sidang sinode XIV 1986. Ada kurang lebih 48 kali pertemuan dalam enam pokok bahasan. Lama seseorang melalui proses katekisasi tergantung pada peraturan tempat gereja tersebut berkatekisasi.
 
Ayat Alkitab tentang Katekisasi
 
Alkitab sendiri juga menyinggung soal proses katekisasi ini, meski tidak secara eksplisit. Berikut adalah beberapa contohnya.
 

Lukas 1:4 
supaya engkau dapat mengetahui, bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar.
 

Galatia 6:6 
Dan baiklah dia, yang menerima pengajaran dalam Firman, membagi segala sesuatu yang ada padanya dengan orang yang memberikan pengajaran itu.
 

Efesus 4:12 
untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,
 

Kisah Para Rasul 18:25 
Ia telah menerima pengajaran dalam Jalan Tuhan. Dengan bersemangat ia berbicara dan dengan teliti ia mengajar tentang Yesus, tetapi ia hanya mengetahui baptisan Yohanes.
 

Kisah Para Rasul 21:21 
Tetapi mereka mendengar tentang engkau, bahwa engkau mengajar semua orang Yahudi yang tinggal di antara bangsa-bangsa lain untuk melepaskan hukum Musa, sebab engkau mengatakan, supaya mereka jangan menyunatkan anak-anaknya dan jangan hidup menurut adat istiadat kita.
 

Kisah Para Rasul 21:24 
Bawalah mereka bersama-sama dengan engkau, lakukanlah pentahiran dirimu bersama-sama dengan mereka dan tanggunglah biaya mereka, sehingga mereka dapat mencukurkan rambutnya; maka semua orang akan tahu, bahwa segala kabar yang mereka dengar tentang engkau sama sekali tidak benar, melainkan bahwa engkau tetap memelihara hukum Taurat.
 

Roma 2:17 
Tetapi, jika kamu menyebut dirimu orang Yahudi dan bersandar kepada hukum Taurat, bermegah dalam Allah,
 

Roma 2:18
dan tahu akan kehendak-Nya, dan oleh karena diajar dalam hukum Taurat, dapat tahu mana yang baik dan mana yang tidak,

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Facebook