8 Ayat Alkitab Tentang Menghormati Orang Tua


Ada banyak ayat Alkitab tentang menghormati orang tua. Sering kali bahkan ayat ini kita baca, namun mungkin tidak semua orang Kristen memperhatikan ayat-ayat tersebut dengan seksama. Padahal firman Allah yang tertuang pada Alkitab adalah suatu hal yang harus ditaati oleh seluruh umat Kristen. Karena itu sangat penting untuk mengerti apa saja yang Allah katakan di Alkitab. Terutama mengenai hormat serta patuh kepada kedua orang tua kita. Orang tua merupakan wakil Allah di dunia yang membantu membesarkan kita sejak lahir Selain itu orang tua merupakan perpanjangan tangan Allah dalam melakukan kewajiban memelihara serta terdapat pula peranan orang tua dalam mendidik anak menurut Alkitab yaitu termasuk mengajarkan takut akan Allah. Oleh sebab itu dalam Alkitab jelas diberikan ayat-ayat yang meminta supaya orang Kristen selalu taat dan hormat kepada orang tuanya. Hal ini adalah poin yang cukup penting untuk dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika ingin tahu mana saja ayat yang menyebutkan hal tersebut, sebaiknya simak beberapa list berikut ini. Di bawah ini adalah beberapa ayat Alkitab tentang menghormati orang tua baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru.
 
Dalam kitab Perjanjian Lama ayat tentang menghormati orang tua sudah dituangkan sejak awal. Bahkan hal ini merupakan salah satu dari sepuluh perintah Allah yang wajib dilakukan oleh umat Israel pada jaman dahulu kala. Oleh sebab itu sebaiknya simak berikut ini beberapa ayat yang menyatakan hal tersebut dan coba untuk merenungkan dengan baik.
 

Matius 15:4 
Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu; dan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati.
 

Markus 7:10 
Karena Musa telah berkata: Hormatilah ayahmu dan ibumu! dan: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya harus mati.
 

Lukas 18:20 
Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu.”
 

Markus 10:19 
Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, jangan mengurangi hak orang, hormatilah ayahmu dan ibumu!”
 

Imamat 19:32 
Engkau harus bangun berdiri di hadapan orang ubanan dan engkau harus menaruh hormat kepada orang yang tua dan engkau harus takut akan Allahmu; Akulah Tuhan.
 

Ulangan 5:16 
Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu.
 

Imamat 19:3 
Setiap orang di antara kamu haruslah menyegani ibunya dan ayahnya dan memelihara hari-hari sabat-Ku; Akulah Tuhan, Allahmu.
 

Keluaran 20:12 
Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Facebook