,

10 Ayat Alkitab tentang Patah Hati Menguatkan dan Memulihkan

10Ayatcom
4 Okt 2021, 12:42 WIB Last Updated 2021-10-04T05:42:00Z

Bagian paling krusial dalam kehidupan manusia adalah hati. Hati seringkali menjadi penentu bagaimana kita bertindak, bagaimana hubungan kita dengan seseorang. Oleh karena itu, sangat penting untuk kita menjaga kondisi hati kita. Hati yang baik, hati yang senang akan membantu kita untuk berbuat baik, berbuat rasional. Hubungan kita dengan sesama pun jadi lebih baik, apalagi hubungan kita dengan Tuhan. Patah hati seringkali menyebabkan kita bertindak dengan tidak rasional. Patah hati merusak hubungan kita dengan orang lain, apalagi hubungan kita dengan Tuhan.

Patah hati tidak hanya sekedar berbicara tentang cinta. Patah hati juga disebabkan oleh kekecewaan lain yang kita alami, dalam pekerjaan, dalam relasi kita dengan sesama, atau yang lainnya. Untuk setiap patah hati yang kita alami, Tuhan selalu memberikan jawaban. Jawaban-Nya dapat kita baca dalam firman-Nya di Alkitab. Berikut kumpulan ayat Alkitab tentang patah hati.
 
Ayat Alkitab tentang Patah Hati
 
Seringkali ketika kita patah hati, kita merasa hidup sendirian. Tidak ada orang yang mendukung kita. Tidak ada orang yang berada di samping kita. Padahal, Tuhan selalu ada untuk kita. Tuhan mengingatkan bahwa Ia tidak pernah sedikitpun meninggalkan kita. Ia adalah pribadi yang memberikan damai sejahtera dan sekalipun tidak pernah mereka-rekakan kejahatan untuk kita. Ia selalu siap mendengarkan keluh kesah tentang patah hati yang kita alami. Kita hanya perlu percaya kepada-Nya. Berikut ayat Alkitab tentang patah hati yang mengingatkan bahwa Tuhan selalu menyertai kita bahkan di titik terendah yang kita alami.
 

Ulangan 31:8
Sebab Tuhan, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.”
 

Yeremia 29:11
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
 

Ulangan 31:6
Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”
 

Yosua 1:9
Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab Tuhan, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi.”
 

Yesaya 26:3
Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya.
 

Mazmur 62:9 
Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita. Sela
 

Mazmur 147:3 
Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka;
 

Mazmur 34:19 
Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.
 

Nahum 1:7 
Tuhan itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya
 

Amsal 17:22 
Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.