16 Ayat Alkitab tentang Pelayanan Seturut Kehendak Tuhan


Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh orang Kristen untuk dapat menjadi berkat bagi sesama. Namun, suatu hal yang krusial untuk melakukan segala sesuatu sebagai bentuk pelayanan kepada sesama maupun kepada Tuhan. Yesus sendiri berkali-kali mengingatkan kita untuk melakukan pelayanan. Pelayanan merupakan salah satu bentuk penyembahan yang benar menurut Alkitab. Menurut Rick Warren dalam bukunya berjudul The Purpose of Driven Life, terdapat lima tujuan manusia hidup, salah satunya adalah untuk melayani Allah. Manusia diciptakan dengan tujuan tersebut.

Ayat Alkitab tentang Pelayanan
 
Allah pun tidak hanya menuntut kita untuk melayani Dia. Dia juga memberikan janji berkat untuk setiap orang yang telah melayani Dia. Allah sungguh-sungguh mengasihi orang yang mau melayani Dia, bahkan Allah menghormatinya. Allah juga menjanjikan bahwa jika kita dihormati oleh Bapa, manusia pun juga akan menghormati kita. Ia bersikap adil dan tidak mungkin melupakan apa yang kita perbuat, bahkan meski manusia sangat mungkin melupakannya. Berikut beberapa ayat Alkitab tentang pelayanan yang menyatakan janji dan berkat dari Tuhan.
 

Maleakhi 3:17 
Mereka akan menjadi milik kesayangan-Ku sendiri, firman Tuhan semesta alam, pada hari yang Kusiapkan. Aku akan mengasihani mereka sama seperti seseorang menyayangi anaknya yang melayani dia.
 

Yohanes 12:26 
Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situ pun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.
 

Ibrani 6:10 
Sebab Allah bukan tidak adil, sehingga Ia lupa akan pekerjaanmu dan kasihmu yang kamu tunjukkan terhadap nama-Nya oleh pelayanan kamu kepada orang-orang kudus, yang masih kamu lakukan sampai sekarang.
 

Efesus 6:8 
Kamu tahu, bahwa setiap orang, baik hamba, maupun orang merdeka, kalau ia telah berbuat sesuatu yang baik, ia akan menerima balasannya dari Tuhan.
 

1 Korintus 9:13 
Tidak tahukah kamu, bahwa mereka yang melayani dalam tempat kudus mendapat penghidupannya dari tempat kudus itu dan bahwa mereka yang melayani mezbah, mendapat bahagian mereka dari mezbah itu?
 

Matius 6:24 
Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”
 

Galatia 5:13 
Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.
 

1 Korintus 15:58 
Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.
 

1 Timotius 1:12 
Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku –
 

Matius 25:40 
Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.
 

Yesaya 6:8 
Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: ”Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” Maka sahutku: ”Ini aku, utuslah aku!”
 

Yohanes 20:21
Maka kata Yesus sekali lagi: ”Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”
 

1 Korintus 14:12
Demikian pula dengan kamu: Kamu memang berusaha untuk memperoleh karunia-karunia Roh, tetapi lebih dari pada itu hendaklah kamu berusaha mempergunakannya untuk membangun Jemaat.
 

Lukas 22:27 
Sebab siapakah yang lebih besar: yang duduk makan, atau yang melayani? Bukankah dia yang duduk makan? Tetapi Aku ada di tengah-tengah kamu sebagai pelayan.
 

1 Petrus 2:21 
Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.
 

Markus 10:45 
Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Facebook