Ayat Alkitab tentang yang berutang dan tidak membayar



Secara umum, kita harus menghindari berutang kecuali benar-benar diperlukan. Memiliki hutang bisa menjadi beban yang sangat besar. Mereka yang tidak memiliki uang untuk melunasi utangnya berada dalam posisi yang sangat buruk, yang membuat mereka kesulitan dan malu. 

Alkitab membandingkan dosa dengan hutang yang tidak pernah bisa kita bayar karena begitu besar. Kami pantas menerima hukuman atas hutang yang begitu besar, tetapi Tuhan memutuskan untuk mengampuni kami. Di kayu salib, Yesus membayar seluruh hutang! Sekarang kita bisa hidup bebas dari hutang dosa.

Amsal 22:7 (TB) Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi.

Amsal 22:26-27 (TB) Jangan engkau termasuk orang yang membuat persetujuan, dan yang menjadi penanggung hutang.Mengapa orang akan mengambil tempat tidurmu dari bawahmu, bila engkau tidak mempunyai apa-apa untuk membayar kembali?

Matius 6:12 (TB) dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;

Ulangan 15:1-2 (TB) ”Pada akhir tujuh tahun engkau harus mengadakan penghapusan hutang.Inilah cara penghapusan itu: setiap orang yang berpiutang harus menghapuskan apa yang dipinjamkannya kepada sesamanya; janganlah ia menagih dari sesamanya atau saudaranya, karena telah dimaklumkan penghapusan hutang demi Tuhan .

Kolose 2:13-15 (TB) Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita,dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib:Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka.

Mazmur 37:21 (TB) Orang fasik meminjam dan tidak membayar kembali, tetapi orang benar adalah pengasih dan pemurah.

Amsal 13:11 (TB) Harta yang cepat diperoleh akan berkurang, tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya.

Roma 13:7-8 (TB) Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat.Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapa pun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Facebook