,

14 Ayat Alkitab Tentang Mencari Jodoh Sesuai Kehendak Tuhan

10Ayatcom
8 Okt 2021, 14:35 WIB Last Updated 2021-10-08T07:35:00Z

Setiap hari pasti kita mendengar atau melihat orang berbicara tentang masalah percintaan. Hal yang cukup spesifik dibahas adalah pencarian pasangan hidup di masa depan. Beberapa orang ingin segera mendapatkan jodoh dan melakukan berbagai usaha untuk mendapatkannya. Namun, beberapa orang tidak terlalu peduli dan merasa jodoh nanti akan datang dengan sendirinya.

Bagaimanapun, mencari jodoh pun bukanlah hal yang buruk. Hal yang terpenting adalah kita tidak mengandalkan diri kita sendiri dalam melakukannya sebagai orang Kristen. Proses pencarian jodoh ini harus kita landaskan dengan iman dan firman Tuhan. Berikut kumpulan ayat Alkitab tentang mencari jodoh.
 
Ayat Alkitab tentang mencari jodoh yang pertama mengingatkan kita untuk memulai proses pencarian kita dengan doa. Hal ini sudah dilakukan oleh pencarian jodoh untuk Ishak. Hamba Abraham tidak sembarangan dalam mencari jodoh untuk Ishak, tetapi ia berdoa, meminta pertolongan dan petunjuk dari Allah terlebih dahulu. Percayakan jodoh kita sepenuhnya kepada Tuhan seperti pada ayat Alkitab tentang kepercayaan.
 
Ayat Alkitab Tentang Mencari Jodoh
 
Berdoalah dengan tekun dan benar, jangan memaksakan kehendak kita, tapi mintalah kehendak Tuhan yang terjadi. Kita tidak perlu kuatir bagaimana kita akan mendapatkan jodoh dan siapa jodoh kita. Selain itu, yang pertama-tama, kita harus memastikan bahwa menikah, memiliki pasangan, memang merupakan panggilan dari Tuhan untuk kita. Karena memang ada beberapa orang yang dipanggil untuk tidak menikah.
 

Matius 7:7 
”Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
 

Matius 6:33 
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
 

Filipi 4:6 
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
 

Matius 19:12 
 Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti.”
 

Kejadian 2:18 
Tuhan Allah berfirman: ”Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”
 

Kejadian 2:22 
Dan dari rusuk yang diambil Tuhan Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.
 

2 Korintus 6:14 
Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?
 

Ezra 10:10 
Maka bangkitlah imam Ezra, lalu berkata kepada mereka: ”Kamu telah melakukan perbuatan tidak setia, karena kamu memperisteri perempuan asing dan dengan demikian menambah kesalahan orang Israel.
 

Amsal 31:30 
Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan Tuhan dipuji-puji.
 

Roma 12:16 
Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama; janganlah kamu memikirkan perkara-perkara yang tinggi, tetapi arahkanlah dirimu kepada perkara-perkara yang sederhana. Janganlah menganggap dirimu pandai!
 

1 Korintus 7:16 
Sebab bagaimanakah engkau mengetahui, hai isteri, apakah engkau tidak akan menyelamatkan suamimu? Atau bagaimanakah engkau mengetahui, hai suami, apakah engkau tidak akan menyelamatkan isterimu?
 

Kolose 3:14 
Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.
 

1 Tesalonika 4:4 
supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi isterimu sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan,
 

1 Korintus 7:2 
tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai isterinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri.